Wednesday, September 2, 2015

SISTEM KEMUDI

SISTEM KEMUDI kita sudah sering mendengar kata kemudi
biasanya orang hanya tau mengemudi kita bisa mengetahui apa saja yang berhubungan dengan kemudi nah kita biasa mengetahuinya disini.kita bisa dapat lebih jelas apa itu kemudi
kemudi adalah untuk mengendalikan kendaraan  pada saat lurus atau membelok ke kanan atau ke kiri.
orang bisa saja mengemudi dengan benar tetapi kita harus tau seperti apa setelan kemudi yang nyaman dan aman pada saat kita mengendarai kendaraan.dan jangan lupa pada saat kita mau mengendarai kendaraan kita harus  memeriksa keseluruhan mulai dari sistem pengeriman sampai sistem ke kencangan ban.nah di bawah ini lah kami menjelaskan dengan singkat ap itu sistem kemudi dan komponennya .


  1. sistem kemudi secara manual
sistem kemudi manual sekarang sudah banyak mobil yang sudah memakai sistem kemudi elektrik terutama mobil-mobil modern.pada sistem ini harus memerlukan momen yang besar / tenaga yang besar untuk mengemudikan nya terutama pada kendaraan berat seperti mobil besar .

tipe-tipesistem kemudi secara manual yang sering digunakan


  1. recirculation ball 
  2. reck and pinion
  3. worm and pin
  4. worm and nut
  5. worm and sector
1.recirculation ball



    recirculation ball ini adalah bola baja yang terpasang pada sisi wormshaft yang berfungsi untuk tempat untuk mengatur arah kendaraan dengan cara membelok roda-roda bagian depan .
    bola baja ini dapat dilepas tetapi sebelun dilepas kalian harus perhatikan posisi bola baja agar pada saat kalian akan melepas dan pada saat mau dipasang kembali kita tidak salah memasang bola bajanya.
    apa bila kita salah memasang bola baja maka pada saat mau di putar dia tidak berputar.


    rack and pinion adalah  untuk mempermudah  pengemudi mengendalikan arah jalannya kendaraan dengan membelokan roda depan.
    cara kerja rack and pinion yaitu steering whell berputar kemudian diteruskan dengan steering main shaft ke steering gear,steering main gear memperbesar momen puntir yang di salurkan kesteering linkage ke roda depan.sisem kemudi bekerja bersama-sama dengan sistem suspensi untuk memperoleh kemudahan dan kenyamanan dalam pengemudi dari beberapa macam tingkat kecepatan


    1. worm and pin

    tipe ini sudah jarang di pakai karena sistem ini sudah jarang ditemukan pada mobil modern
    bentuk worm and pin ini tirus bergerak sepanjang worm gear.


    1. worm and nut

    model ini dibagian bawah main shaft terdapat ulir dan sebuah nut terpasang padanya . pada nut terdapat bagian yang menonjol dan di pasangkan tuas yang terpasang pada rumahnya.

    1. worm and sector

    worm gear berkaitan dengan sector di bagian tengah nya .gesekan nya  dapat mengubah sentuhan antara gigi dengan gigi menjadi sentuhan menggelinding.



    sekian informasi yang saya ketahui tentang sistem kemudi mungkin saya bisa lebih mempelajari nya lagi agar lebih mengerti tentang sistem kemudi


    EmoticonEmoticon