Monday, January 21, 2019

3 Jenis Final Drive (Penggerak Akhir) Pada Sistem Pemindahan Tenaga Sepeda Motor

Final drive adalah bagian terakhir dari sistem pemindah tenaga yang memindahkan tenaga mesin ke roda belakang. Final drive juga berfungsi sebagai gigi pereduksi untuk mengurangi putaran dan menaikkan momen (tenaga ). Biasanya perbandingan gigi reduksinya berkisar antara 2,5 sampai 3 berbanding 1 (2,5 atau 3 putaran dari transmisi akan menjadi 1 putaran pada roda).
3 Jenis Final Drive (Penggerak Akhir) Pada Sistem Pemindahan Tenaga Sepeda Motor
Final drive jenis rantai dan sproket

Final drive pada sepeda motor sebagai bagian terpisah dari transmisi/persnelling, terkecuali scooter dengan transmisi CVT. Final drive dapat dilakukan dengan menggunakan rantai dan gigi sproket, sabuk dan puli, atau sistem poros penggerak. Jenis rantai dan sproket adalah jenis yang paling umum digunakan pada sepeda motor.
3 Jenis Final Drive (Penggerak Akhir) Pada Sistem Pemindahan Tenaga Sepeda Motor
Final drive jenis shaft drive

Final drive jenis poros penggerak (drive shaft) biasanya digunakan untuk sepeda motor model touring. Jenis ini cukup kuat, lebih terjaga kebersihannya dan perawatan rutinnya hanya saat penggantian oli. Namun demikian final drive jenis ini cukup berat dan biaya pembuatannya mahal. (lihat pada). Sedangkan final drive jenis sabuk dan puli hanya dipakai pada beberapa sepeda motor saja, khususnya generasi awal sepeda motor, dimana power atau tenaga yang dihasilkan masih banyak yang rendah, sehingga penggunaan jenis sabuk dan puli masih efektif.
3 Jenis Final Drive (Penggerak Akhir) Pada Sistem Pemindahan Tenaga Sepeda Motor
Final drive jenis sabuk dan puli (belt and pulley)


EmoticonEmoticon