Secara umum blok adalah tempat dimana sistem komponen yang ber pengaruh pada seluruh komponen yang ada di bagian luar.
Blok silinder merupakan bentuk dasar dari mesin dan blok silinder ini terdapat beberapa silinder ,pada setiap silinder terdapat sebuah torak(piston) yang di pasangkan pada ujung batang torak,sedangkan ujung torak lainnya berhubungan langsung dengan poros engkol(crankshaft).
Di bagian atas kepala silinder pada bagian dalam berbentuk sebuah ruang bakar dan du lengkapi dengan katup hisap dan buang katup-katup ini di gerakan oleh sunbu nok (camshaft) untuk membuka dan menutup salluran pembuangan untuk memperoleh tenaga ini udara dan bahan bakar telah di campur di salurkan kedalam silinder dan gas yang telah terbakar di dorong keluar.
di bawah ini adalah komponen yang terdapat pada blok sylinder.
- Piston(torak)
2. Ring Piston
Ring piston berfungsi sebagai alat perapat dalam kerja piston juga sebagai pengikis oli dan untuk menahan kebocoran pada saat terjadi pembakaran di ruang bakar .
4. poros engkol(crankshaft)
poros engkol berfungsi sebagai kompponen untuk merubah tenaga pertikal (dari atas ke bawah)yang di hasilkan piston menjadi tenaga rotasi (putaran) , menggerakan camshaft dan merubah gerak putar bolak balik.
5. water jacket
pada blok sylinder terdapat lubang tempat masuknya air pendingin yang disebut lubang watet jacket.water jacket itu sendiri berfungsi sebagai ruang untuk bersirkulisasi air yang berguna mendinginkan mesin umumnya disebut sistem pendingin yang berada di dalam.
6. fly wheel (roda gila)
fay wheel berfungsi sebagai penurus tenaga yang dihasilkan oleh mesin ke sistem pemindah tenaga seperti kopling, tranmission dan plopoler shaft.
EmoticonEmoticon