Thursday, June 20, 2019

Cara Memperbaiki Rem Cakram Motor Blong Atau Masuk Angin

Cara Memperbaiki Rem Cakram | Bagi anda yang mempunyai sepeda motor baik yang jenis bebek, matic ataupun sport dikala ini niscaya sudah umum memakai rem cakram pada rodanya. Biasanya rem cakram di pasang di roda depan meskipun kadang ada juga yang di pasang di roda belakang. Masalah pemakaian rem cakram pada motor biasanya ada dua yaitu rem cakram macet dan yang kedua ialah rem cakram blong atau ngempos dikala digunakan. Mari kita bahas persoalan yang kedua dulu alasannya ialah tentunya berbahaya bila kita memakai rem cakram yang masuk angin menyerupai itu dikala di jalanan. Cara memperbaiki rem cakram motor blong atau masuk angin ini terhitung mudah, bagi anda yang awam perihal motorpun sanggup mengikuti tutorial di bawah ini dengan gampang tanpa kesulitan yang njlimet. Mari kita memulai cara mengatasi rem cakram motor yang ngempos di bawah ini.

 Bagi anda yang mempunyai sepeda motor baik yang jenis belibis Cara Memperbaiki Rem Cakram Motor Blong Atau Masuk Angin


Apa Penyebab Rem Cakram Motor Blong?


Tentunya sahabat pembaca mengetahui dari proses pengereman dengan sistem cakram pada roda motor. Kegunaan rem pada sepeda motor ialah untuk memperlambat laju perputaran rodanya dengan prosedur penjepitan pada cakram besi yang berputar. Berkat rem caktram pengendara sepeda motor sanggup tetap mengendalikan jalannya kendaraan dengan lancar disaat ingin mengurangi kecepatan dan mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Mengingat peranannya yang kuat besar terhadap keamanan sepeda motor, wajib hukumnya bagi Anda untuk melaksanakan perawatan bersiklus terhadap rem motor. Jika tidak, maka cepat atau lambat rem tersebut akan mengalami kerusakan yang cukup serius. Salah satunya yaitu rem menjadi blong sehingga diharapkan tenaga ekstra untuk menekan pedal rem bahkan rem tidak sanggup berfungsi sama sekali.

Penyebab utama dari rem cakram motor yang blong ialah adanya udara yang terjebak di dalam sistem pengereman atau biasa dikenal pula dengan istilah masuk angin. Hal ini biasanya diakibatkan oleh kebocoran pada oli rem serta penggantian oli rem gres yang tidak tepat. Bagaimana solusi mengatasinya?

Cara Mengatasi Rem Cakram Motor Blong Atau Ngempos :

Alat dan Bahan :
  • Oli rem
  • Kunci ring 11 atau sesuai dengan ukuran baut nipel
  • Selang untuk mengalirkan oli rem dari nipel
  • Wadah untuk menampung oli rem

Langkah-langkah Perbaikan :
  1. Tekan tuas rem dengan cara mengocoknya berulang-ulang hingga terasa ada tekanannya. Tahan posisi tuas tersebut dan jangan dilepaskan.
  2. Kendurkan cengkeraman baut nipel dengan cara membukanya sebenar kemudian mengencangkannya lagi. Pada dikala baut nipel terbuka, maka oli rem akan mengalir keluar dari lubang baut nipel.
  3. Perhatikan bila fatwa oli rem tersebut pelan dan sedikit berarti masih ada udara yang terjebak di dalamnya. Sedangkan bila oli rem keluar dengan semprotan yang cukup deras tandanya udara di dalam sistem pengereman sudah hilang.
  4. Jadi kendurkan dan kencangkan baut nipel secara berulang-ulang hingga diperoleh hasil oli rem mengalir kuat. Namun ingat, selama proses ini dilakukan, Anda harus mengisi oli rem ke tabung raservoir master rem semoga volume oli di dalamnya tidak hingga habis. Apabila cadangan oli rem habis, maka udaranya sanggup masuk kembali.
Kerjakan langkah-langkah di atas dengan sangat hati-hati. Pastikan oli rem tidak mengenai kulit, cat, atau logam alasannya ialah sanggup menyebabkan gatal dan menyebabkan korosi. Disarankan untuk menampung oli rem buangan ke dalam wadah khusus yang aman.

Nah Demikianlah cara gampang dan cepat mengatasi rem cakram sepeda motor yang masuk angin, ngempos atau blong secara tuntas. Selanjutnya anda perlu mencobanya apakah rem cakram sudah berfungsi dengan baik atau belum. Ingat jangan pernah menganggap sepele persoalan rem motor anda alasannya ialah ini menyangkut keselamatan anda sendiri.


Demikianlah Cara Memperbaiki Rem Cakram Motor Blong Atau Masuk Angin, semoga bermanfaat


EmoticonEmoticon