Sistem kerja karburator terdiri dari beberapa macam. Namun dari semua sistem yang ada pada karburaot dibuat dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan kerja dari karburato sehingga mampu mencampur udara dan bahan bakar dengan perbandingan yang tepat sesuai dengan kebutuhan mesin. Total pada karburator mobil toyota ada 11 sistem, untuk setiap mobil mungkin berbeda-beda tergantung dari jenis dan kontruksi yang digunakan. Pada motor pun juga berbeda, namun pada prinsipnya sama yaitu untuk memenuhi kerja karburator agar mampu mencampur udara dan bahan bakar dalam komposisi yang tepat sesuai dengan kebutuhan mesin.
Tetapi pada umumnya, karburator apapun itu pasti ada sistem-sistem utamanya seperti sistem pelampung, sistem stationer dan kecepatan lambat, sistem utama, sistem percepatan, sistem cuk dan lain sebagainya.
Kerja Karburator |
Sementara itu sistem tambahannya bisa berupa secondary hig speed system, fast idle mechanisme, thermostatic valve, PCV, Declaration Fuel Cutt off System.
Agar lebih jelasnya, saya sebutkan sistam sistem kerja karburator :
- Sistem pelampung
- Sistem stationer dan kecepatan lambat
- Primary high speed system (sistem utama)
- Secondary high speed system
- Sistem tenaga (power sistem)
- Sistem percepatan (Acceleration system)
- Susten cuk (Choke System)
- Fast Idle Mechanisme
- Thermostatic valve
- Positive Crancase Ventilation
- Declaration Fuel Cut Off System
Sebelumnya telah kami bahas prinsip kerja dan kontruksi dasar karburator. Rencananya, kami akan menjelaskan ke sebelas sistem kerja pada karburator di atas. Jadi tunggu saja, kalau sudah saya tulis pasti saya update artikel ini dan saya letekkan linknya di samping point point diatas. (BisaOtotmotif.com)
EmoticonEmoticon