Tuesday, February 2, 2016

CARA SEDERHANA MERANGKAIAN MAGNET LISTRIK DAN KETERANAGNNYA

Situs-Otomotif.Com

RANGKAIAN MAGNET LISTRIK
DAN
KETERANAGNNYA
Untuk membuat magnet listrik, beberapa komponen yang di butuhkan adalah:Satu lembar  papan kayu berukuran 20 x20 dengan ketebalan sekitar 1cm.
a.       Tiga buah Baterai yang memiliki tegangan 9 volt cm
b.      Satu buah saklar untuk penyambung dan  pemutus arus
c.       Satu buah  paku berukuran 9 inchi
d.      Kawat tembaga 1 utas tanpa penyambung  panjang 10 m berdiameter 1mm
e.       Lembaran almunium dari bekas kaleng
f.       Sebuah isi cuter
g.      Kabel
h.      Lampu liplop, dan
i.        skrup kecil  atau paku kecil
Alat yang akan di guakan:
a.       tang
b.      solder beserta kawat timahnya
c.       palu
d.      gergaji
e.       obeng  minus dan plusnya
f.       gunting

1.    Mengenai kumparan yang nantinya berfungsi sebagai medan magnet kumparan di buat dengan cara melillitkan  kawat tembaga  pada paku berkukuran 9  inchi. Banyaknya lilitan tergantung kebutuhan.jika ingin menghasilkan medan magnet yang besar  namun memerlukan energi listrik yang lebih.maka  lilitan di buat lebih banyak ringkasnya jumlah lilitan minimal untuk sumber tegangan 9-18 volt dengan bahan kawat berdiameter 1mm pada paku 9 inchi adalah 200-300 lilitan.


2.Perisipkerja magnet  lestrik Ketika saklar di tekan (dalam keadaan on )hingga menutup rangkaian yang sebelunya telah di hubugkan ke sumber arus listriik ( baterai ) arus listrik mengalir ke kumparan ( kawat tembaga yang telah di lilitkan pada  paku ). dan lampu akan menyala adanya arus listrik yang mengalir melalui  kumparan engakibatkan paku berubahh menjadi medan magnet dan menarik lempengan logam/ besi tipis yang di letakan pada ujung kumparan.pada saat yang sama hubungan arus listrik terputus sehingga listrik  berhenti mengalir. Berhentinya arus liistrik itu menyebabkan paku kumparan kehilangan sifat maagnetnya. Akibatnya lempengan baja kembalai ke posisi semula.arus listrik kembali mengalir dan lempengan cuter kembali tertarik. Begitu juga seterusnya hingga saklar di matikan ( dalam keadaan of ).



 GAMBARNYA:
1.












EmoticonEmoticon