A. rumah koplin,plate penekan,dan pegas penakan
Clutch cover unit terdiri dari atas pelat penekan,pegas penekan tuas penekan dan rumah kopling.
Ditinjau dari kontruksinya,clutch cover dibedakan menjadi tiga ,yakni boss drive type clutch cover,radial strap type clutch cover,dan corded drive type clutch cover.
Pada tipe boss drive palat penekan dipasangkan pada rumah kopling dengan boss sehingga kontruksinya kuat,namun perpindahan tenaga tidak bisa lembut.Pada tipe boss drive plat pnekan dihubangkan ke rumah kopling oleh strap (palt baja) dalam arah radial dari boss.Adapun pada tipe corded strap drive plte peneka ditahan oleh tiga buah plat pada rumah kopling sehingga daya elastisitas pelat tersebut memugkinkan perpindahan tenaga ]dengan lembut.
Cara kerja kopling
Kopling berfungsi untuk memindahkan tenaga secara halus dari mesi ke tranmisi melalui gesekan antara plat kopling dan fly wheel serta pelat penekan yang di kontrol oleh pengemudi melalui mekanisme gerak kopling.
Jika pedal kopling di tekan penuh ,tekanan pedal tersebut akan diteruskan oleh mekanisme penggerak sehingga akan mendorong pelat penekan akan melawan tekanan pegas penekan tidak terjadi sehingga putaran mesin tidak diteruskan
JIka pedal kopling di tekan sebagian/setengah .Tekanan pedal tersebut akan diteruskan oleh mekanisme penggerak sehingga akan mendorong pelat penekan melawan sebagian /setengah tekanan pegas penekan sehingga tekanan pelat penekan ke fly wheel berkurang dan pelat kopling akan slip .Gesekan antara pelat kopling dan pelat penekan kecil sehingga putaran gaya mesin di teruskan sebagian.
Apabila pedal kopling dilepas maka pegas akan kembali mendorong drive clutch denga penuh. Plat penekan menghimpit pelat kopling ke fly wheel dengan kuat sehingga gaya gesekan kuat dan berputar bersamaan. Dengan demikian putaran dan daya mesin diteruskan secara sepenuhnya (100%)tanpa slip.
Kopling magnet
Karena dinamakan kopling magnet karena untik mentransfer/meminda menggunakan gaya magnet.Magnet yang digunakan adalah magnet tetap yang dibangkitkan dngan mengalirkan arus listrik kedalam sebuah lilitan kawat pada sebuah inti besi.Lisstrik yang dibangkitkan atau tersedia pada kendaraan adalah listrik arus lemah sehingga magnet yang di bangkitkan tidak cukup kuat untuk dijadikan sebagai kopling pemindah daya utama.kopling jenis ini kebanyakan haya digunakan sebagai kopling pada kompresor aircondisioner.
Kopling satu arah(one way clutch free wheeling clutch/cover runing clutch)
Kopling satu arah merupakan kopling otomatis yang memutuskan dan menghubungkan poros penggerak(drive shaft)dan yang digerakan (driven shaft)bergantung pada perbandingan kecepatan putran tersebut dan poros poros tersebut.Jika kecepatan driving lebih tinggi dari driven ,kopling bekerja menghbungkan driving dan driven.Jika kecepatan driving lebih rendah dri driven ,kpling bekerja memutuskan driving dan driven.Ada dua jenis one way clutch ,yakni sprag type dan roler typa.
Kopling hidrolik
kenapa disebut kopling hidrolik karan untuk pentrasfer/mmindahnya memanfaatkan sistem cairan/vluida yang disebut sistem hidrolik .Tenaga hidraulic di tempatkan pada suatu wadah yang akan di sirkuasi dan cairannya akan terlempar oleh adanya gaya sentrifugal akibat putaran sehingga mempunya daya untuk memindah .
Monday, October 26, 2015
Makalah kopling
✔
RakPos
October 26, 2015
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
Cari Blog Ini
New Update
Comments
-
kepala silinder biasanya di pasang diblok silinder yang di baut menggunakaan 10 baut biasanya,kebanyakan pada mesin 4 silinder (toyota) ada ...
-
Salah satu sistem kerja pada karburator adalah sistem pelampung . Fungsi dari sistem pelampung adalah untuk Mengatur batas permukaan bensin...
-
Fungsi, Letak dan Syarat Kopling pada Kendaraan - Seperti yang telah saya utarakan pada postingan-postingan sebelumnya bahwa pada kendara...
About Me
Labels
AC Mobil
Artikel Otomotif
Automotive News
Beat
Belajar Otomotif
F1ZR
Fino
Fungsi Piston
Gambar Piston
Gardan
Helicopter
Honda
Jupiter
Jupiter Z1
Karburator
Kawasaki
Kondensor
Kopling
Makalah Otomotif
Merawat Kopling Sepeda Motor
Mobil
Modifikasi
Motor Matic
Motor Starter
Motor Susah Hidup
MX King
ninja
Scorpio
Sejarah
Sistem Bahan Bakar
Sistem Pemindah Tenaga Sepeda Motor
Sistem Pendingin
Sistem Pengapian
Sistem Pengapian (Ignition System)
Sistem Rem
Sistem Rem dan Roda (Brake System and Wheel)
Soal Otomotif
Teknik Sepeda Motor
Tips Dan Solusi
Tips dan Trik
Tips Otomotif
Transmisi
Tune-Up
Vario
Yamaha
Powered by Blogger.
EmoticonEmoticon